Gaya Hidup Sangat Mempengaruhi Kesuburan Wanita


Bila Anda sedang merencanakan kehamilan. Hal pertama yang Anda pelajari adalah Kesuburan. Kesuburan ini tidak hanya berlaku bagi wanita, tapi pada pria juga. Kali ini kami akan membahas soal kesuburan wanita. Anda bisa membaca informasi kesuburan pria di Prenagen.com.

Kesuburan pada wanita diartikan sebagai kemampuan memberikan keturunan atau anak. Makanya kerap kali kita mendengar masa subur dalam dunia medis yang menandakan masa ini adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan hubungan suami istri karena peluang kehamilan sangat besar.

Apa Yang Menyebabkan Gangguan Kesuburan Pada Wanita?
Gangguan kesuburan bisa memperkecil peluang kehamilan. Hal ini dikarenakan sejumlah masalah seperti berikut ini:
  • Gangguan ovulasi - Gangguan ini mempengaruhi kemampuan tubuh melepaskan telur dari ovarium. Beberapa gangguan ovulasi antara lain hyperprolactinemia, polycystic ovary syndrome dan juga gangguan tiroid. 
  • Abnormalitas serviks atau uterus - Misalnya polip di uterus.
  • Penyumbatan atau kerusakan pada saluran tuba - Salah satu contoh yang terkait gangguan ini adalah gangguan radang perut. 
  • Endometriosis - Merupakan keadaan dimana jaringan pelapis dalam rahim tumbuh di bagian luar. 
  • Menopause dini - Ini merupakan keadaan dimana Anda mengalami menopause (berhenti menstruasi) pada usia sebelum 40 tahun. 
  • Pelvic adhesions - Ini adalah kondisi dimana terdapat luka pada jaringan yang mengikat organ setelah mengalami appendicitis, pelvic infection atau operasi pelvic. 
  • Selain beberapa kasus di atas, kondisi medis yang menyebabkan menstruasi berhenti karena diabetes, autoimmune dan lainnya bisa mengakibatkan gangguan kesuburan. Selain itu, usia juga mempengaruhi kesuburan. 

Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Kesuburan Atau Kesehatan Reproduksi?
Ada beberapa hal mutlak yang harus Anda lakukan agar kesuburan bisa terjaga. Pastinya peluang kehamilan juga tidak hanya dipengaruhi usia, namun juga pola hidup sehingga terhindar dari penyakit berbahaya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:
  • Jaga berat badan - Berat badan ideal adalah hal yang wajib Anda jaga. Anda tidak boleh terlalu gemuk atau kurus agar proses ovulasi berjalan normal. 
  • Hindari hubungan beresiko - Anda sebaiknya menghindari hubungan yang beresiko dan senantiasa pakai pelindung untuk mencegah penularan penyakit gonorrhea dan chlamydia yang kerap menjadi faktor pemicu gangguan kesuburan. 
  • Hindari shift malam - Sebisa mungkin hindari pekerjaan yang memaksa Anda harus datang di shift malam. Hal ini akan mempengaruhi kesuburan Anda dan mengganggu produksi hormon. Jika ini membuat Anda terpaksa menjalani shift ini, pastikan tidur cukup. 
  • Hindari stres - Meskipun stres bukan pemicu utama gangguan kesuburan, sebaiknya hindari! Hal ini bisa merusak keseimbangan hormon Anda. Lakukanlah sejumlah kegiatan yang membantu Anda mengelola stres dengan baik misalnya olahraga dan meditasi. 

Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan
Secara teknis, gaya hidup sangat mempengaruhi kesuburan wanita. Pastikan Anda menghindari hal berikut ini:
  • Rokok - Sudah jelas bila rokok menjadi penyebab gangguan kesuburan baik perokok aktif dan pasif. Hal ini bisa membuat ovarium cepat tua. 
  • Alkohol - Alkohol juga berpengaruh pada kesuburan Anda. Wanita yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol rentan terkena penyakit yang berkaitan dengan gangguan ovulasi. 
  • Caffeine - Hal ini bukan berarti Anda dilarang sama sekali mengkonsumsi caffeine. Tapi Anda dibatasi maksimal 200 mg sehari. 
  • Over Exercise - Meskipun olahraga itu bagus, namun terlalu banyak berolahraga bisa juga mempengaruhi kesehimbangan hormon dan mengganggu proses ovulasi. Hindari aktivitas berat dan batasi dengan total 5 jam sehari. 
  • Polusi dan racun - Ini menjadi hal penting untuk dihindari. Ada banyak sekali racun di sekitar Anda mulai dari pestisida, plastik dan sebagainya. Mulailah pertimbangkan gaya hidup sehat mulai sekarang.
loading...

Related Posts

Gaya Hidup Sangat Mempengaruhi Kesuburan Wanita
4/ 5
Oleh