Tanda-Tanda Utama Kondisi AC Mobil Tidak Dingin

Saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota dengan menggunakan mobil, Anda membutuhkan AC agar merasa nyaman. Maka perlu memastikan kondisi AC mobil bekerja dengan optimal. Berikut tanda-tanda utama kondisi AC mobil tidak dingin sehingga perlu dibawa ke tempat service.


1. Bunyi di Kap Mesin
Saat semua bagian mobil stabil dan bekerja dengan baik maka tidak akan ada timbul suara. Jadi salah satu tanda AC mobil mengalami masalah dengan adanya bunyi kap pada mesin. Bunyinya terdengar aneh dan semakin kuat saat mobil dihidupkan.

2. Hanya Keluar Angin
Tanda berikutnya AC mobil mengalami masalah adalah hanya keluar angin dan tidak terasa dingin. Tanda ini terjadi ketika freon AC mobil mulai habis. Angin yang keluar tidak terasa dingin atau pun segar. Padahal Anda sudah mengatur suhu yang paling dingin.

3. Kompresor Mati
Saat Anda menghidupkan AC maka bagian kompresornya akan hidup secara otomatis. Jika ternyata kompresor ini tidak hidup maka ini menandakan Anda harus segera membawa mobil ke tempat service AC. Salah satu penyebab tidak hidupnya kompresor karena Freon yang habis atau bocor. Lakukan pengecekkan agar bisa segera ditangani sebelum melakukan perjalanan.

4. Motor Extra Fan Mati
Tanda berikutnya adalah motor extra fan pada mobil mati atau lemah sehingga AC menjadi tidak dingin. Anda harus mengecek komponen ini untuk memastikan masih ada bekerja atau sudah mati total. Extra fan ini ada di depan kondensor yang akan berputar jika tidak terjadi masalah.

Extra fan akan tetap diam saat AC dihidupkan atau jika putarannya lemah atau lambat Anda juga harus membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan service AC. Tindakan yang akan dilakukan adalah penggantian dengan komponen yang baru agar AC bisa kembali dingin.

5. Tekanan AC Tidak Normal
Tanda yang tak kalah penting untuk mengetahui AC tidak dingin adalah tekanan pada AC yang tidak normal. Hal ini terjadi karena kondisi kompresor AC mobil sudah aus atau jebol. Jadi Anda harus memperbaiki bagian kompresor ini ke tempat service.

6. Sight Glass Terlihat Hitam
Sight Glass yang terlihat hitam juga menjadi tanda AC akan mengalami kondisi tidak dingin. Masalah ini merupakan indikasi receiver dryer atau expansion valve pada AC mobil mengalami penyumbatan karena kotoran.

7. Tetesan Air 
Anda harus mengetahui adanya tetesan air di bawah dashboard mobil menandakan AC bermasalah dan tentu terasa tidak dingin saat dihidupkan. Kondisi ini terjadi karena tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi. Tanda lainnya bagian atas dashboard bisa berembun saat AC dinyalakan.


Tidak perlu menunggu mobil Anda mengalami tanda-tanda kerusakan pada AC ini baru membawanya ke tempat service AC mobil. Lebih baik melakukan perawatan secara rutin untuk pemeriksaan AC mobil di supercar.id yang pelayanannya terpercaya. Teknisi yang bekerja ahli di bidangnya.
loading...

Related Posts

Tanda-Tanda Utama Kondisi AC Mobil Tidak Dingin
4/ 5
Oleh